Cara agar Brosur kita dibaca orang

cara agar brosur kita dibaca klien

Cara agar Brosur kita dibaca oleh calon konsumen..

Cara agar brosur kita dibaca oleh konsumen

Brosur, sebagai alat promosi yang efektif, murah dan dapat menjelaskan secara rinci keunggulan suatu produk/jasa dengan visual yang beragam bentuknya adalah merupakan daya tariknya.

Branding, diantara kegiatannya adalah dengan menyebarkan Brosur. Hal ini jamak dilakukan agar usaha kita lebih di kenal banyak orang. Namun selama ini banyak orang yang menerima brosur lalu meninggalkan, meletakkan atau bahkan membuangnya, apalagi esok harinya kita menemukan brosur kita menjadi bungkus kacang rebus ataupun bungkus nasi angkringan. Bayangkan berapa nilai yang terbengkalai karena itu, mulai dari nilai ide/konsep, nilai desain, nilai penyebaran, hingga nilai nominal biaya cetaknya.

Untuk itu, agar Brosur kita dibaca orang haruslah dibuat yang semenarik mungkin, (bukan hanya menarik dalam segi desain maupun tata letaknya, dalam artian hanya mengagumi) melainkan menarik dalam artian orang benar-benar tertarik untuk membacanya.

jawara .pro, memberikan sedikit trik atau cara agar Brosur kita dibaca orang kaitannya dengan ide/konsep Brosur. Bikinlah Brosur Informatif, yakni sebuah Brosur produk/jasa Anda dimana juga berisi satu atau beberapa informasi umum yang di butuhkan banyak orang. Hal ini sebenarnya merupakan cara promosi yang tidak secara langsung menjual produk/jasa kita, tetapi merupakan cara yang sangat efektif untuk membuat ketertarikan orang untuk minimal menyimpan brosur yang kita berikan. Brosur ini nantinya akan memberikan informasi terbaru ataupun info musiman populer yang sering dicari dan dibutuhkan pada saat itu bahkan bisa hanya berisi informasi ringan saja.

Sinergi, Brosur Informatif ini bisa efektif digunakan sebagai alat promosi untuk kegiatan branding atau menjual produk/jasa kita yang tentu saja isi informasi yang kita berikan harus disesuaikan dengan produk/jasa yang akan kita tawarkan.

Layout dan desain, posisikan bahasa promosi produk/jasa di akhir info yang diberikan atau bisa di tempatkan di halaman sebaliknya dan usahakan jangan meletakkan promosi sebagai header. Selain logo usaha, tagline dan bahasa promosi, jangan lupa untuk mencantumkan dengan jelas data alamat, nomor telpon, email dan website perusahaan agar pembaca mudah untuk menghubungi Anda.

Dengan trik ini, cetak Brosur biasa menjadi memiliki peran ganda dan bermakna, yang mana nantinya Brosur akan memberi informasi sekaligus mempromosikan produk atau jasa kita. Itulah sekedar trik cara agar Brosur kita dibaca orang.

Selain trik di atas, ada beberapa tips yang kami rangkum di bawah ini.

Dalam hal Cetak Brosur atau juga sering di sebut oleh calon klien kami sebagai Flyer, Leaflet dan Selebaran.

adalah salah satu metode promosi yang paling sering di gunakan oleh para pebisnis/ pengusaha, mulai dari skala kecil hingga besar.
Promosi dengan brosur sesuai dengan pengertian Brosur itu sendiri, biasa dilakukan oleh pebisnis yang menyasar calon konsumen secara langsung agar mereka tertarik dengan berbagai macam promosi yang tercantum.

Ada beberapa tips yang dapat digunakan untuk memaksimalkan efektifitas cetak brosur yang akan Anda buat.

  • Tata letak / Visualisasi Brosur
    Hal ini sangat penting dan berada pada urutan pertama yang harus diperhatikan. Waktu yang akan digunakan oleh sebagian besar orang untuk sekedar membaca sebuah Brosur yang dia terima sangat singkat, sehingga pilihan desain warna harus yang menarik (eye catching), tampilan tata letak (layout) harus yang rapi dan mudah terbaca.
  • Promosikan dengan bahasa yang tepat
    Promosi akan efektif jika dapat merangkai kata-kata untuk materi dengan tepat, karena kadang kalimat yang salah malah akan dapat menimbulkan masalah di kemudian hari, seperti munculnya komplain oleh calon konsumen. Berikan penawaran yang disertai dengan keuntungan (reward) bagi orang yang secepatnya mengambil tindakan setelah membaca Brosur, seperti “Kami berikan gratis untuk semua jenis produk minuman bagi 10 orang pertama setiap hari” atau “Bagi 50 pendaftar pertama akan mendapatkan bonus kaos cantik”, dsb.
  • Target pasar dan Area penyebaran
    Kesalahan dalam membagikan atau menyebarkan Brosur di area yang bukan target pasar Anda, jelas tidak akan efektif dan hanya akan membuang waktu, tenaga serta dana karena tidak akan tepat sasaran. Oleh karena itu, pastikan dulu untuk mengenali area target pasar dan baru ambil tindakan. Penyebaran bisa dilakukan pada saat acara pameran, seminar, sepeda sehat, pentas musik maupun hanya di area pemukiman atau perumahan. Selain penyebaran langsung, bisa juga dengan cara di sisipkan di surat kabar atau tabloid dengan cara kerjasama agency.

Ada satu hal lagi yang dapat dilakukan sebelumnya, karena untuk mengetahui efektif tidaknya suatu Brosur yang sudah di buat dan juga setelah dilakukan penyebaran, sebenarnya ada satu cara yang sangat mudah dilakukan, yakni hanya dengan menambahkan kalimat di dalam brosur, seperti “Bawalah dan tunjukkan brosur ini untuk mendapatkan potongan harga hingga 20%” atau “Tunjukkan brosur ini untuk free soft drink”, dll.

Ok, moga artikel cara agar brosur kita di baca orang serta tips untuk memaksimalkan fungsi Brosur ini dapat mengingatkan kembali pada hal2 kecil yang kadang kita lupa.

salam… /jawara

cara agar brosur promosi dibaca oleh konsumen


1 thought on “Cara agar Brosur kita dibaca orang”

  1. Pingback: Arti Brosur Leaflet Selebaran • percetakan jawara.pro

Comments are closed.