pengertian poster dan sejarah

Pengertian Poster

Pengertian poster | sebagai plakat yang di cetak pada kertas yang biasanya berukuran besar, berisi pengumuman atau iklan dalam bentuk gambar ataupun tulisan dan ditempelkan di dinding maupun tembok yang berada di tempat-tempat umum sehingga mudah terbaca dengan maksud untuk penyebaran informasi yg lebih luas.
Poster dicetak pada kertas yang dirancang untuk di tempelkan pada dinding atau permukaan vertikal yang berisi tentang informasi termasuk unsur tekstual dan grafis. Meskipun poster bisa jadi hanya berupa grafis atau gambar saja ataupun yang sepenuhnya hanya berupa teks. Desain poster hanya di cetak pada satu sisi kertas dan dibiarkan kosong pada bagian belakang dengan konsep akan di tempelkan ke dinding atau permukaan lain.

Poster juga di konsep untuk menarik perhatian dan informatif serta digunakan untuk berbagai tujuan, sebagai alat yang sering digunakan untuk iklan (acara, musisi, film, dll), propagandis dan informasi biasa dengan tujuan untuk mengkomunikasikan pesan. Poster juga sering digunakan untuk reproduksi karya seni dari hasil karya seniman terkenal yang umumnya menjadi lebih murah dibandingkan dengan karya seni asli.

Baca juga, Arti Brosur dalam Promosi Usaha

Pada awalnya, poster ditulis di atas panel kayu atau tembok di Yunani dan Italia. Namun sejarah Poster tak lepas dari revolusi besar pengembangan teknik percetakan yang memungkinkan untuk produksi massal dan murah dengan teknik litografi yang diciptakan pada tahun 1796 oleh Senefelder Alois dari Jerman.

Berdasarkan alirannya, pengertian poster antara lain dikenal poster seni, poster komersial dan poster yang menonjolkan kreativitas perancang grafisnya. Untuk poster seni, Jules Chéret adalah pionir poster litografis berwarna yakni pada era 1800-an di Perancis dan tak lama kemudian poster seni juga berkembang di Amerika. Pada tahun 1890-an, poster seni mulai tersebar luas di bagian lain Eropa. Antara tahun 1895 dan 1900, Jules Chéret menciptakan Maîtres de l’Affiche (Masters poster) seri yang tidak hanya sukses secara komersial, tetapi sekarang dilihat sebagai sebuah publikasi sejarah yang penting.